SMART HACKATHON 2017

Super Administrator


Hackathon adalah saat berkumpulnya penggiat teknologi, penggiat IT, siswa, dan programmer untuk membangun aplikasi atau software (hacking) yang menjadi solusi masalah tertentu. Pembuatan aplikasi ini dilakukan di tempat hackathon dengan waktu yang sangat singkat (kurang dari 48 jam) alias marathon. Sehingga kalau disambungkan kata hacking dan marathon munculah istilah hackathon.

Pada tahun 2017, Asosiasi Pendidik Homeschooling Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia atau disingkat APHI PGRI menggagas Smart Hackathon, kompetisi teknologi pembuatan website dan aplikasi untuk menggairahkan guru sekolah dan pendidik homeschooling dalam memanfaatkan teknologi untuk pendidikan.

Dengan tema "Website Inovatif bagi lembaga pendidikan”, Smart Hackathon mengajak siswa/siswi dan guru dalam 1 tim untuk membuat inovasi dari website sekolah yang sudah ada sekarang menjadi lebih menarik.  Smart Hackathon dapat diikuti oleh tim perwakilan sekolah dengan anggota maksimum 3 orang setiap tim, terdiri dari guru dan siswa/siswi SMP atau SMA/SMK Formal dan Informal (Homeschooling).

20 tim yang mengirimkan hasil inovasi website sekolah terbaik akan diundang untuk mempresentasikan karyanya di hadapan juri dan APHI PGRI secara langsung pada Hari Guru Nasional 2017. Pemenang Smart Hackathon diumumkan pada puncak Hari Guru Nasional 2017 yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo beserta para menteri.