Siswa Berprestasi Penggerak Literasi di Tanah Sumbawa

Super Administrator



Bogor - Mungkin tidak pernah terbayang sebelumnya bagi Aryanda Permana bahwa lomba yang ia ikuti Oktober lalu mengubah sudut pandangnya dalam menyikapi persoalan dilingkungan Sekolah dan sekitarnya. Ia merupakan siswa berprestasi dari SMKN 1 Sumbawa Besar yang menjadi Pemenang III bidang lomba Vokasi Moda Literasi Bergerak di Festival Literasi Sekolah (FLS) jenjang SMK tahun 2018.

Siswa yang masih duduk di bangku kelas XII ini awal mulanya mengikuti FLS karena dorongan dari guru BK, akan tetapi setelah kembali ke daerah asalnya ia merasa miris terhadap kondisi dilingkungan sekolahnya seperti kurangnya minat baca dari beberapa teman-teman disekolahnya serta diperparah oleh sangat minimnya toko buku yang ada di daerahnya.

“Di sumbawa yang saya tahu hanya ada 1 toko buku, itupun hanya berisi buku Islami saja” ia menambahkan.

Ia pun bersama beberapa siswa lainnya tergerak untuk membentuk Tim Penggerak Literasi disekolahnya dengan jumlah anggota 11 orang. “Tim inti kami isinya anak-anak yang bermasalah tapi punya semangat dalam menggerakkan Literasi di Sekolah kami” ungkapnya. Semua ini tidak terlepas dari peran penting guru BK disekolahnya dalam mengarahkan siswanya pada kegiatan yang positif.

Merekapun mengadakan Kegiatan Literasi Massal pada 28 Oktober lalu dimana siswa dikumpulkan dilapangan sekolah untuk diajak membaca buku, puisi berkait serta mengundang beberapa Narasumber yang merupakan para pegiat Literasi dengan harapan dapat menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap literasi disekolahnya.

"Mulailah dari apa yg kita bisa dan bukan dari apa yg harus kita lakukan" ucapnya seraya mengakhiri sesi wawancara malam itu